Tips Mengurus Paspor Kolektif Secara Online - Berdasarkan Pengalaman

Jika anda ingin liburan atau bepergian ke luar negeri bersama keluarga, tentunya harus mempersiapkan paspor terlebih dahulu. Belum lama i...


Jika anda ingin liburan atau bepergian ke luar negeri bersama keluarga, tentunya harus mempersiapkan paspor terlebih dahulu. Belum lama ini saya mengurus perpanjang paspor saya sekaligus paspor istri dan anak-anak. Awalnya saya berpikir mengurus dengan cara konvensional yaitu dengan mendaftar langsung ke kantor Imigrasi di kota tempat saya tinggal yaitu di Batam. Namun keinginan itu saya urungkan setelah bertanya dengan sesorang yang sedang mengurus paspor juga di kantor Imigrasi.

Sebelumnya juga saya bertanya kepada pihak Imigrasi melalui akun twitter dan SMS center, namun tidak ada respon sama sekali. Pertanyaan saya adalah bagaimana mengurus paspor kolektif (lebih dari satu) melalui aplikasi online. Karena tidak ada respon, akhirnya saya putuskan untuk mendaftar online saja.
Belum ada fitur khusus untuk mengurus paspor kolektif secara online, misalnya payment kolektif, pemilihan tanggal ambil photo di kantor imigrasi secara kolektif, dan lain-lain. Karena itu setiap aplikasi masing-masing harus mendaftar sendiri-sendiri dengan ID pendaftaran sendiri-sendiri pula. Namun perlu diketahui bawha pendaftaran online ini tidak perlu meng-unggah dokumen apapun.

Isikan satu-persatu. Pertama milik anda, kemudian istri anda, kemudian milik anak-anak. Demikianlah prosesnya:
1. Masuk ke website pengurusan paspor online.  









Pilih >> Pra Permohonan Personal

2. Di jendela Informasi Pemohon, "Baru" jika anda membuat paspor baru, pilih Penggantian jika anda melakukan perpanjangan. Kemudian pilih lokasi kantor imigrasi di kota anda. setelah selsai klik Lanjut.


3. Di jendela berikutnya, masih Informasi Pemohon, isikan data-data pribadi anda termasuk nomor KTP. Jangan lupa isikan alamat email yang masih aktif. Karena sistem akan mengirimkan ID permohonan dan email konfirmasi ke email ini. Kemudian klik Lanjut untuk mengisikan informasi alamat. Klik lanjut dan isikan alamat orang tua. tidak perlu diisikan alamat kantor, alamat lama jika tidak ada. Kemudian di jendela berikutnya isikan alamat orang tua anda dan nama suami/istri. Jika nanti mengisi formulir untuk anak anda, maka di kolom orang tua isikan nama anda dan istri anda...
tips: Siapkan satu email untuk setiap aplikasi. Jadi kalau anggota keluarga anda ada 6 orang, maka anda harus siapkan 6 alamat email yang masih aktif. Jika anda mencoba  menggunakan satu email untuk semua orang, sistem akan menolak.

4. Jendela Informasi Pembayaran. klik lanjut saja. Disini kita lihat pembayaran yang tersedia saat ini di sistem imigrasi hanya di bank BNI. setelah anda klik lanjut, anda perlu print data ID permohonan anda. nomor ini diperlukan saat pembayaran di BNI baik di teller bank maupun di ATM. Saran saya bayar di ATM saya untuk menghindarai antrian di teller bank. Di ATM pilih menu pembayaran > imigrasi >masukkan ID permohonan anda..otomatis akan muncul data permohonan anda dan tinggal memproses pembayaran. Simpan baik-baik struk / tanda terima yang keluar dari ATM. Struk ini harus anda bawa saat pergi photo dan ambil sidik jari di kantor Imigrasi.
Dalam struk yang dari ATM itu ada tulisan Jurnal Bank. Kembali ke rumah, buka email-email yang anda pakai saat registrasi. Klik link dalam email anda yang dikirimkan oleh sistem imigrasi. setelah link terbuka, anda akan diminta memasukkan kode Jurnal Bank yang tertera pada struk pembayaran di ATM tadi.

5. Pilih tanggal untuk kunjungan ke kantor imigrasi dalam rangka photo dan ambil sidik jari. saran saya jika tanggal yang tersedia adalah tanggal 19,20,21,22, 23, dst.....jangan pilih tanggal 19. Siapa tau saat anda mengkonfirmasi pembayaran anda untuk aplikasi milik anak-anak anda, tanggal 19 sudah tidak tersedia lagi...sehingga anda dan keluarga anda tidak bisa photo ke imigrasi sekaligus. Akan rugi waktu dan tenaga.
Pilihlah tanggal aman seperti tanggal 20 atau tanggal seterusnya.

Setelah semua selesai, tunggulah waktu yang sudah anda tentukan pergi ke Imigrasi. Sementara menunggu siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan yang asli dan photocopynya. syarat-syaratnya adalah:
  1. Akta lahir. Bisa pakai ijasah jika tidak mempunyai akta lahir
  2. KTP
  3. Kartu keluarga.
Jangan lupa siapkan materai...jangan sampai sampai imigrasi..pontang-panting cari kedai yang jugal materai. Untuk orang dewasa perlu 1 materai. untuk andak perlu 2 materai.

Saat pergi ke Imigrasi, pergilah pagi-pagi betul sekitar jam 7 pagi untuk mendapatkan nomor antrian sekecil mungkin. Kalau di Batam ada ratusan orang yang mengurus paspor setiap hari. Kecuali di kota anda kantor Imigrasinya sepi,,,anda boleh santai. Bawa semua kelengkapan dokumen asli dan copynya.
Setelah selesai proses photo dan ambil sidik jari....biasanya 3-4 hari kerja paspor sudah bisa diambil.








COMMENTS

BLOGGER
loading...
Name

asuransi batak bisnis bisnis kecil bpjs budaya cell group christian life current issues desa economy family Finansial gaya hidup imigrasi indonesia inspirasi inspirational story investasi kalender kaya kesehatan life marketing marriage nasehat paspor pekerjaan pendidikan Pengembangan pribadi personality politik produktifitas produktivitas samson sermon teroris testimony toleransi travelling waralaba wisata worship
false
ltr
item
Entrepreneurship: Tips Mengurus Paspor Kolektif Secara Online - Berdasarkan Pengalaman
Tips Mengurus Paspor Kolektif Secara Online - Berdasarkan Pengalaman
http://2.bp.blogspot.com/-ChYXvmlRkg8/VlvdsjJMdSI/AAAAAAAAAFs/U7u94t2qvH0/s320/paspor-batam.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-ChYXvmlRkg8/VlvdsjJMdSI/AAAAAAAAAFs/U7u94t2qvH0/s72-c/paspor-batam.jpg
Entrepreneurship
http://www.gurusyam.com/2015/11/tips-mengurus-paspor-kolektif-secara.html
http://www.gurusyam.com/
http://www.gurusyam.com/
http://www.gurusyam.com/2015/11/tips-mengurus-paspor-kolektif-secara.html
true
7992079633702212655
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy